SINEASZ ™

akan membuka matamu tentang dunia

10 Benda Terkotor

Tanpa disadari, banyak benda di sekitar kita yang berpotensi menjadi sarang bakteri dan tempat berpindahnya virus, bakteri dan penyakit. Diantara semua benda yang sering dipegang, ada 10 benda paling kotor yang cukup membahayakan kesehatan meski sebenarnya tampak bersih.Inilah 10 benda paling kotor yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Uang. Semua orang suka uang, tapi pastinya tidak akan ada yang suka dengan bakteri di dalamnya. Ada sekitar 135.000 bakteri ada pada uang, terutama uang kertas.

2. Tombol Lampu. Biasanya orang terakhir atau pertama masuk di ruangan adalah yang paling sering bersentuhan dengan tombol lampu. Bakteri sangat senang hidup di area yang banyak disentuh manusia. Dalam tiap inch tombol lampu, ada sekitar 217 bakteri yang bisa berpindah dari tangan ke tangan.

3. Keyboard Komputer. Sebuah studi di Inggris menyebutkan bahwa bakteri yang ada di keyboard komputer, lebih banyak dibanding bakteri yang ada WC. Jadi bersihkan keyboard secara rutin dengan alat khusus pembersih keyboard.

4. Handphone atau Ponsel.
Benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, ternyata sudah dijadikan tempat favorit ribuan bakteri untuk menetap. Bakteri juga menyukai temperatur ponsel yang hangat karena cocok untuk pertumbuhannya. Gunakan pelapis anti mikroba untuk melindungi ponsel dari bakteri agar mengurangi risiko bakteri menempel di wajah dan tangan.

5. Toilet Duduk. Meski terlihat bersih dan licin, tapi permukaan tempat duduk toilet yang terbuat dari porselin berpotensi berpindahnya virus, bakteri dan penyakit tertentu. Ada 295 bakteri dalam tiap inci di permukaan toilet duduk.

6. Kereta Belanja. Menggunakan kereta belanja memang mudah dan mengasyikkan. Tapi menurut hasil dari suatu penelitian di University of Arizona, menyatakan bahwa, kereta belanja mengandung bakteri, air liur, dan bahan-bahan menjijikkan lain yang lebih banyak dibanding eskalator, telepon umum bahkan kamar mandi umum.

7. Remote Control. Lewat remote control, bakteri bisa masuk ke dalam tubuh, saat kita asyik menonton TV.

8. Bak Mandi. Bak mandi merupakan bagian rumah yang sering terlupakan. Ketika salah satu anggota keluarga terkena penyakit infeksi staphylococcus, infeksi saluran kemih, pneumonia, septicemia ataupun penyakit kulit, kita baru menyadari bahwa, bak mandi adalah sarang bakteri. Percaya atau tidak, bakteri yang tergenang di bak mandi lebih berbahaya dibanding bakteri dalam lubang toilet. Bersihkan bak mandi seminggu sekali untuk mengurangi risko penyakit tadi.

9. Wastafel Dapur. Dapur pada bagian wastafelnya memiliki sekitar 500.000 bakteri pada setiap incn nya. Bersihkan wastafel dengan setengah cangkir baking soda dan setengah cangkir cuka. Setelah itu, jangan lupa siram dengan air.

10. Spons Cuci. Spons cuci adalah barang tempat berkembangnya bekteri, karena berkelembaban tinggi dan berpori-pori kecil. Hilangkan bakteri di dalamnya dengan memanaskan dalam microwave selama 60 detik.

Fakta ini tentunya bukan bertujuan menakuti kita semua, namun patut sebagai penyadaran betapa pentingnya menjaga kebersihan pada benda pribadi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: